Memilihkan Ibu yang Shalihah untuk Anak yang Shalih

Memilih calon istri yang shalihah merupakan hal penting dan menjadi faktor penentu untuk menjadikan anak-anak kita menjadi anak yang shalih dan shalihah.  Karena pilihan itu bukan hanya untuk kita, tapi sebenarnya kita memilihkan ibu yang baik untuk anak kita. Tulisan ini merupakan salah satu lanjutan tulisan saya kemarin tentang Mempersiapkan Keturunan yang Shalih. Saya harap anda membaca terlebih dahulu agar nyambung dengan tulisan yang satu ini.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang bagaimana memilih istri yang shalihah, mari kita baca terlebih dahulu sebuah surat yang diberikan seorang istri kepada suaminya ini. Oh iya, foto ini saya ambil dari salah seorang teman facebook saya yaitu mas Firmahn.

Penjualan yang banyak bukanlah dari iklan, namun dari Allah. Iklan yang dipasang merupakan bentuk ikhtiar dari suatu usaha. Lalu bertawakkallah pada Allah akan hasil yang dicapai. Hasil yang dicapai itu merupakan bentuk rizki yang telah Allah tetapkan pada kita. Semuanya telah ditulis di lauhul mahfudz.
Namun Allah akan menilai kesungguhan usaha kita dan Allah akan membalasnya sesuai besarnya usaha itu. Jika kita sudah berusaha dengan sungguh-sungguh namun tidak membuahkan hasil yang seperti yang kita harapkan, periksalah hati kita seberapa dekat hati ini kepada Allah. Jangan tinggalkan doa. Berdoalah kepada Allah, karena Allah akan malu pada hambaNya jika tidak mengbulkan doa para hamba. Kekuatan doa juga akan mempengaruhi hasil usaha. Seberapa bagus buku yang kita baca, seberapa hebat guru yang mengajari kita, jika Allah tidak berkehendak maka tidak akan ada hasil kecuali yang telah Allah tetapkan.
Gantungkan hati ini pada Allah, karena jika kita berharap pada Allah hati kita tidak akan pernah kecewa. Jika hatimu berharap pada buku ataupun guru yang hebat, bersiaplah kecewa.
Penting sekali memilihkan ibu yang baik untuk calon anak yang shaleh, hal ini merupakan salah satu kewajiban kita sebagai seorang calon suami sebelum nantinya memberikan nama yang baik dan memberikan pendidikan yang baik pula. Oh iya, sampai-sampai Bang Haji Rhoma Irama membuatkan lagu berjudul Istri Shalehah, berikut lirik lagunya.

Setiap keindahan perhiasan dunia
Hanya isteri salehah perhiasan terindah

Setiap keindahan yang tampak oleh mata
Itulah perhiasan, perhiasan dunia

Namun yang paling indah di antara semua
Hanya isteri salehah, isteri yang salehah

Setiap keindahan perhiasan dunia
Hanya isteri salehah perhiasan terindah

Hanya isteri yang beriman
Bisa dijadikan teman
Dalam tiap kesusahan
Selalu jadi hiburan

Hanya isteri yang salehah
Yang punya cinta sejati
Yang akan tetap setia
Dari hidup sampai mati
Bahkan sampai hidup lagi 

Bagaimana caranya memilih calon istri yang shalihah sedangkan kita kan tidak mungkin melaluinya dengan cara pacaran. Jawabannya sebenarnya sederhana kok, kita bisa melihatnya langsung atau melalui lingkungan pergaulannya. Bisa juga kita konsultasikan dengan ustadz atau gurunya. Nah berikut ini saya kopi pastekan nasehat dari bang Tere Liye agar kita tidak tertipu oleh kecantikan fisik.

Wajah cantik itu banyak. Apalagi dengan teknologi kosmetik yang semakin canggih. Lihat saja instagram, cantik2 semua fotonya, bukan?
Tapi hati yang cantik itu langka. Maka jadilah yang ini. Yang tidak bisa dibedaki, tidak bisa dibungkus dengan teknologi, asli memang begitu.

Nah, silahkan saja pilih wanita yang selain fisiknya cantik, kecantikan fisik itu terpancar dari kecantikan hatinya. Lalu bagaimana jika seorang perempuan mendambakan lelaki pilihannya, Jangan cari yang cuma fisik luarnya bagus saja. Karena setelah berpuluh tahun, casing-nya malah keriput, tidak laku lagi. Tapi carilah yang dalamnya cemerlang. Pekerja keras, bertanggung-jawab, setia, saleh pula meski casingnya rata-rata. Yang ini, semakin lama, semakin mahal harganya.

Bagi yang sedang memilih jodohnya, semoga dipertemukan dengan yang baik dan dengan cara yang baik. Mohonlah kepada Allah karena siapa tahu si dia juga sedang memohon kepada Allah. 


Postingan terkait:

10 Tanggapan untuk "Memilihkan Ibu yang Shalihah untuk Anak yang Shalih"

  1. Bila hatinya cantik, maka setiap apa yang tampak darinya jadinya juga cantik ya, Mas Huda :)

    BalasHapus
  2. Memiliki istri sholehah yang beriman dan baik akhlaknya akan menenangkan hati memang..

    BalasHapus
  3. Waduh lagu favorit saya tuh kang waktu dulu, ahi hi hi jadi nostalgia nih berkunjung ke blognya kang huda.

    BalasHapus
  4. Aaaiihhhh makjannnn OST nya kak rhoma. Saya pesan isteri sholeha dua boleh?

    BalasHapus
  5. sangat dipentingkan dan wajibkan kepada para calon suami memilah dan memilih wanita yang akan menjadi ibu dari anak-anak kita yang shalihah, sebab dengan satu kata shalihah itu semua pergerakan dan perjalanan rumah tangga akan menjadi jembatan bagi keluarga menuju surga-Nya.
    tapi bagi yang udah keterlanjuran macarin dan ngawinin wanita yang nggak sholehah pasti rada lieur oge ya mang...hehe

    saya ngikutin blog keren ini ah, nomer punggung saya 93 nih

    BalasHapus
  6. youtuber sukses, eh pak guru juga dah lama ya ngeblognya, dari thn 2011, dah pakar bener ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin.... gara-gara baca ini saya langsung cek tulisan pertama saya di blog ini. memulainya sudah lama, tapi ternyata istiqomahnya berat

      Hapus
  7. Bagus nih dibaca sama yg muda2

    BalasHapus
  8. iya mas sepakat. kalau mau anak kita saleh y dimulai dr org tuanya. terutama ibu

    BalasHapus