Pentingnya Mengenali Diri Sendiri

"Who am I?
Pertanyaan yang sebenarnya harus sudah dengan mudah kita jawab. Karena kita semua tentunya harus mengenali siapa kita sebenarnya. Tapi bagi saya, ternyata pertanyaan ini masih saja membuat saya harus memutar otak untuk menjawabnya. Sebenarnya siapa diri saya sebenarnya, maaf ini bukan masalah saya anak siapa dan darimana, tapi bakat, potensi apa yang sebenarnya saya miliki. Mungkin jawaban yang saya berikan adalah bahwa saya seorang mahasiswa, tapi apa bangganya seorang mahasiswa. Saya seorang blogger, mikir juga selama ini saya jadi blogger juga asal-asalan. Saya seorang online marketing, hah... serius tuh? Apa yang saya jual coba.. hhmm.... Inilah mengapa kita harus tahu betapa pentingnya mengenali diri sendiri.

Jika kita mau berpikir sekali lagi sebenarnya banyak sekali potensi yang kita miliki. Dari fisik saja misalnya, Alhamdulillah saya dianugerahi fisik lengkap dan berfungsi dengan baik. Tangan saya bisa saya gunakan untuk mengetik di blog kemudian anda membacanya, mata saya juga tidak perlu menggunakan alat bantuan untuk membaca, telinga, dan lain-lain, semua sepertinya masih berfungsi normal. Potensi intelektual, hhmm,,, apa ya? Saya bisa ngeblog, saya juga bisa membuat tulisan walaupun g mutu, IPK juga tidak jelek-jelek amat. Potensi moral dan spriritual, Alhamdulillah sejak lahir beragama Islam, baca Al Qur'an bisa dong. Dengan segenap potensi itu sebenarnya saya tidak harus mengeluh dan bisa menemukan jati diri saya ya? Tapi lagi-lagi saya harus berpikir apa yang bisa dibanggakan dari diri saya. pfuuh....

Apa ini tanda bahwa saya belum mengenali siapa diri saya? Kalau begitu bagaimana saya bisa menjual diri saya karena kata salah seorang teman saya bahwa personal branding itu penting. Bagaimana saya mengajukan proposal saya misalnya ketika saya akan melamar seseorang untuk saya jadikan pendamping? Ya, mulai hari ini saya harus menggali siapa diri saya sebenarnya. Saya harus bisa menggambarkan diri misalnya ketika ditanya "Gambarkan kepribadian anda melalui seekor hewan" Saya harus sudah siap menjawab kalau diri saya ini seperti singa yang raja hutan, atau tupai yang pandai meloncat, atau bebek yang mudah diatur

Lagi-lagi tulisan galau terpaksa menjadi postingan. Mungkin tulisan ini juga jawaban atas PR yang diberikan Jiah Al Jafara yang sejak dulu belum bisa saya kerjakan. Mungkin nanti kalau sudah siap akan sayaa kerjakan. Daan... buat semuanya, kenalilah diri anda, karena saya yakin setiap orang memiliki potensi yang menjadikan dirinya hebat. salam sukses. ha ha :D

gambar saya ambil dari sini.

Postingan terkait:

25 Tanggapan untuk "Pentingnya Mengenali Diri Sendiri"

  1. Mengenali diri sendiri itu sepertinya mudah, tapi sebenarnya sangat sulit. Harus pake belajar :)

    BalasHapus
  2. Saya sempat tersenyum sejenak saat membaca bagian yg ini, Mas. "Bagaimana saya mengajukan proposal saya misalnya ketika saya akan melamar seseorang untuk saya jadikan pendamping?"

    Hehe.... pikirku tadi mau nglamar kerja. tak taunya nglamar si Aisyah atau Zakiyyah :-)

    BalasHapus
  3. bagus artikelx.., emank terkadang kita lbh mengenal org lain ketimbang diri sendiri tp anehx kadang pun terbalik heheh...

    BalasHapus
  4. @Wury

    itu dia PR yang harus segera diselesaikan ha ha :D

    BalasHapus
  5. susah banget ya sobat, untuk benar2 mengenali diri sendiri...

    BalasHapus
  6. Mengenali diri => mancari jati diri diiringi membentuk pribadi ;)
    Cuman pendapat pribadi sih.... :D

    BalasHapus
  7. kadang semut di seberang lautan akan tampak, sedang gajah dipelupuk mata tidak kelihatan..

    mengenal diri merupakan langkah awal sebelum kita mengoreksi orang lain, siapa diri kita, kitalah yang tahu, nice sharing

    BalasHapus
  8. merasa sebagai singa, tapi ternyata bebek, bagaimana dong bro? hehehe

    BalasHapus
  9. aku adalah anak perempuan aba Harun yang paling kiyuttt #eaa :p

    BalasHapus
  10. Kalau aku seperti apa ya...? binun :D

    BalasHapus
  11. Nilailah Orang Sesukamu
    Tapi jangan Menilai dari Satu sisi
    Nilailah dari sisi yang Lain
    Maka Kamu akan lebih Bijaksana
    Karena Menilai Orang lain
    Lebih mudah dari pada
    Menilai Diri sendiri


    Hmm... Menilai diri sendiri itu emang Penting Bangeet!!!
    Meski keliatannya mudah... tapi begitu Sulit tuk dilakukan, malah bingung jadinya deh!!!
    Hweheheee...

    BalasHapus
  12. Mari kita lebih mengenal diri sendiri... :)

    BalasHapus
  13. kenalilah diri-mu, maka kau akan kenali TUHAN-mu :)

    BalasHapus
  14. Kadang yang kita lakukan lebih mudah menilai orang lain yak ckckckck

    BalasHapus
  15. Menilai diri sendiri itu suliiiitt...

    BalasHapus
  16. saya malah ga tahu.he..biarlah yg lain yg menilai...siapa saya?hehe

    BalasHapus
  17. harus bnyak belajar untuk mengenali diri senddiri nih

    BalasHapus
  18. kunjungan gan.,.
    bagi" motivasi.,.
    fikiran yang positif bisa menghasilkan keuntungan yang positif pula.,..
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

    BalasHapus
  19. Assalammualaikum, mas, tahniah diucapkan kerana zaman kini makin ramai yang udah berani menge-luarkan kebingungan sendiri agar mencari jawaban. enggak kawatir jika banyak pendapat yang berbeda akan membuat mas lagi pusing saperti pendapat ramai sulit..he he. saya memang sering keJakarta melawat teman teman saya tapi maaf mas, bahasa indon saya enggak gitu mantap walaupu keturunan saya jawa. untuk pengetahuan mas, saya mengenali diri melalui pengalaman diri, hidup didunia tapi enggak ada yang mengerti apa yang saya katakan, kepayahan sehingga hilang pemikiran selama 3 hari dan belajar memikir kembali dan seterusnya menghampiri maut. ccu 8 hari. baru ini saya menulisnya, namun saya masih belum berani menyiarkan kerana kasus saya dan contoh contoh sedang berlaku kini termasuk pak ustaz. Persoalan untuk mengenal diri, apa bedanya makluk ALLAH manusia dan haiwan? jika manusia hina, dia lebih hina daripada haiwan? orang sekarang, orang islam, ke atau orang beragama islam, ke atau orang I slam? makanya saya bawa pembacanya balik kezaman kecilnya hingga kini, jika pembaca nya adalah mas, maka mas jawap sendiri kerana orang yang kenal diri dia tahu menyatukan jasad, roh (zat ALLAH) dan pemikiran nya, bergandingan. email langsung aje saudara saudara ku, cewek, cowok.

    BalasHapus
  20. thanks ya dugg

    qmu itu aq senang bgt

    BalasHapus
  21. bagus artikelx.., emank terkadang kita lbh mengenal org lain ketimbang diri sendiri tp anehx kadang pun terbalik heheh...

    BalasHapus
  22. salam kenal,
    kutunggu kunjungan baliknya

    BalasHapus
  23. Setiap orang memang harus mengenali potensi dirinya masing2 karena lewat potensi ini kita bisa berkontribusi untuk orang lain di sekitar kita melalui apa yang kita bisa.

    Mas huda, blognya sudah saya follow ya. :)

    BalasHapus