Jenguk Teman Sakit, Tambah Bersyukur

Beberapa hari yang lalu saya mengunjungi salah seorang teman saya yang sedang dirawat di salah satu Rumah Sakit di Yogyakarta. Dia adalah salah satu Senior Resident di asrama mahasiswa UMY yang saya tempati. Saya dan beberapa  teman dari asrama berencana menjenguk menggunakan sepeda motor selepas sholat maghrib. Sampai di Rumah Sakit kami menunaikan sholat isya sebelum menuju kamar teman saya ini. Teman saya dirawat di Paviliun Ayodya, wew saya mendengar nama paviliun sudah membayangkan berapa biaya menginap permalamnya.

Tidak seperti ketika saya pernah ke Kelas 3 sebuah Rumah Sakit yang ramai. Sepanjang lorong di paviliun ini sepi, hanya ada beberapa orang yang duduk-duduk diteras kamar. Sayang sekali saya mendapati dua orang bapak yang dengan santai merokok ditengah-tengah lorong. Ingin sekali rasanya saya menegur mereka, tapi tidak jadi karena memang saya sepertinya tidak menemui tulisan "dilarang merokok". Masuk ke ruangan Ayodya, di papan nama tertulis nama teman saya dan kamarnya, kami langsung menuju kamar dengan nomer tersebut. Sebuah kamar dengan fasilitas yang menurut saya wah. Konsentrasi saya untuk menjenguk teman saya ini ternyata tergantikan dengan fasilita yang ada di Rumah Sakit ini. Ditambah teman saya menanyakan kira-kira berapa biayanya?

Hlaa... sebenarnya saya membicarakan apa?

Saya sadar ternyata sakit itu mahal, mungkin ini dulu yang juga pernah saya pikirkan dan ramai bahwa "orang miskin dilarang sakit". Akhirnya, Saya yang cuma terkena pilek saja sudah lemes, tidak berani periksa ke Rumah Sakit karena takut biayanya mahal. Cukup dengan kerokan, beli obat di warung, tapi ternyata hampir dua minggu batuk tak kunjung sembuh. Yang ternyata juga banyak mengeluarkan uang juga, padahal biasanya kalau beli bakso juga g pernah dihitung-hitung ha ha. Tapi dengan menjenguk teman saya yang di rumah sakit ini, kemudian saya berpikir, dengan fasilitas seperti itu berarti saya harus bersyukur diberi kesehatan yang nilainya tak pernah bisa dihitung dengan rupiah.

Ya, nikmat sehat itu memang harus disyukuri. Karena seperti yang dikatakan oleh Rasulullah bahwa dua nikmat yang sering dilupakan oleh manusia adalah nikmat sehat dan waktu luang. Ketika pilek saja, kegiatan saya terganggu, bagaimana misal saya opname di Rumah Sakit, janganlah. Maka dari itulah mari kita jaga kesehatan kita agar kita bisa menggunakan waktu dengan baik. 

Postingan terkait:

21 Tanggapan untuk "Jenguk Teman Sakit, Tambah Bersyukur"

  1. Dalam setiap persitiwa di depan mata kita, senyatanya terselip "teguran" dari Allah swt, agar kita memetik pelajaran terbaik darinya. bersyukur, adlh salah satunya. Sippp, Mas

    BalasHapus
  2. Subhanallah nikmat sehat memang tiada tara.. tapi lebih seringnya kita terlupa..

    BalasHapus
  3. Memang benar adanya, sakit itu mahal harganya. Yang pernah ngalamin sakit sampai opname segala pasti tidak mau mengulanginya lagi untuk sakit.
    Semoga kita semua diberi kesehatan dan kebahagiaan yang tak terkira. Karena sehat itu sungguh nikmat.

    BalasHapus
  4. Sakit itu insya Alloh menggugurkan dosa2 yang telah lalu..^^

    BalasHapus
  5. biyaya di paviliun memang wah, tapi dokternya lebih cepat datang ke ruangan paviliun daripada yang di ruangan umum (itu pengalaman adik gue waktu di opname di RS jepara)

    BalasHapus
  6. Sehat entu nikmat banget rasanya, Subhanallah ALLAH Maha Pemurah, kite kaga minta tetep dikasih :)

    BalasHapus
  7. menjaga nikmat sehat it yg kdg kita lupa

    BalasHapus
  8. Memang sakit bisa menjadi pengingat bagi kita untuk mensyukuri nikmat kesehatan :)

    BalasHapus
  9. Memang sakit bisa menjadi pengingat bagi kita untuk mensyukuri nikmat kesehatan :)

    BalasHapus
  10. memang betul, beruntung kita bisa bersyukur saat melihat orang lain yang sakit, bukan saat mengalaminya ..
    salam kenal Mas :D

    BalasHapus
  11. pilih menjenguk atau yang dijenguk, hehehe

    BalasHapus
  12. Saya menjenguik dirimu Huud... :D

    Semoga sehat selalu dalam lindungan dan rahmat Allah Ta'ala. Amin.

    BalasHapus
  13. tapi jangan nunggu sakit dulu baru di jenguk temennya :D

    BalasHapus
  14. Bener benera..
    Nikmat sehat emang harus selalu disyukuri, ya..

    Aku jadi inget temenku, nih..
    Gara2 dia sakit jantung slama 2 bulan lebih, akhirnya nilai raportnya gag bisa bantu dia buat ikut jalur undangan SNMPTN..
    Padahal dia sebenernya pinter #curcol :D

    BalasHapus
  15. Iya... setuju!
    Bikin kita ingat dengan Tuhan hihi.
    Menjenguk orang sakit,
    layat orang mati,
    dll dll...

    BalasHapus
  16. Bwt Yank agy cakit, cmoga cpt cmbuh, yak! Cemungudh ^_^

    BalasHapus
  17. emank tuk bersyukur kita harus bnyk2 melihat kebawah.., cz pasti msh bnyk sodara2 kita yg lbh parah.., nice share & happy blogging *smile

    BalasHapus
  18. memang nikmat sehat itu tak ternilai mas..semoga kita selalu diberi kesehatan oleh Allah..
    Mari tukar link mas,, :D
    http://blog.umy.ac.id/arsasih

    BalasHapus